Sabtu, 12 Juli 2014

KENAPA HYDROGEN YANG NONLOGAM ADA DI GOLONGAN1A?

Assalamu’alaykum para chemist star….

Tentu kita kenal betul dengan unsure yang akan dibahas dalam tulisan ini. Unsur yang dengan keunikannya dan keberadaannya sangat membantu umat manusia. Ayoooo siapa????

Dia adalah…..”Hydrogen “

Kalau kita lihat posisi hydrogen dalam table periodic, maka dapat kita lihat posisinya berada di hatimu  maksudnya di golongan logam alkali bukan???

Tapi pernahkah kita berfikir, mengapa hydrogen yang sifatnya bukanlah logam, namun ditempatkan di golongan logam alkali???
Hydrogen bukanlah unsure yang tertukar ( -_- emangnya sinetron putri yang tertukar wan..), hydrogen juga bukan unsure yang terbuang, ataupun unsure yang salah alamat kaya lagu ayu ting-ting. Mau tau???

Begini penjelasannya…..

Penempatan hydrogen pada golongan logam alkali dikarenakan atom ini hanya memiliki satu elektron pada kulit terluar. Seperti kita ketahui hydrogen merupakan unsure non logam maka penempatan ini hanya dikarenakan faktor satu elektron, tanpa mengindahkan konteks dan sifat kimia atom tersebut. Kimiawan Eugene Wigner dan Hillard Huntington pada tahun 1935 memprediksikan bahwa logam hydrogen akan terbentuk pada tekanan dan temperature yang tinggi. Tetapi sampai saat ini, penelitian yang memberikan tekanan sampai 1,5 juta atm dan suhu lebih dari 2700 derajat celcius hanya dapat menghasilkan cairan hydrogen yang bersifat logam namun bukan padatan.

Bagaimana???? Apakah antara kau dan hydrogen sudah semakin mengenal dan mengerti??? Hihihi ….


-Wanda Amelia  Rahma-

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berikan komentar terbaikmu:)

Serunya Oreo 110th Birthday Celebration Bareng Keluarga di Rumah

  Hal yang paling dirindukan dari seorang anak perempuan yang sudah berumah tangga adalah momen saat bisa kumpul bareng sama orangtua ters...