Selasa, 19 Desember 2017

SELEKSI ADMINISTRASI LPDP VERSI WANDA






Beasiswa LPDP (Lembaga Pengelola Dana Pendidikan) merupakan beasiswa paskasarjana yang sudah ramai diperbincangkan. Ketika masih duduk di bangku semester awal perkuliahan tahun 2013, nama beasiswa ini belum begitu banyak diperbincangkan. Namun kini, dengan semakin bertambahnya lulusan awardee LPDP , maka informasi mengenai beasiswa pendidikan LPDP sudah tersebar meluas ke seluruh penjuru Ibu Pertiwi. Postingan  ini dibuat sebenarnya untuk membagikan pengalaman pribadi dalam mengikuti proses seleksi beasiswa LPDP. Apabila teman-teman ingin mengetahui lebih jelas terkait LPDP maka bisa kunjungi www.lpdp.kemenkeu.go.id/

Saya sendiri termotivasi mengikuti seleksi penerima beasiswa LPDP karena termotivasi dari kaka senior Universitas Negeri Jakarta yang berhasil kuliah Magister Paskasarjana baik di dalam negeri maupun luar negeri. Menjadi mahasiswa bidikmisi ketika jenjang sarjana membuat diri ini terpacu agar bisa melanjutkan studi magister dengan jenis beasiswa yang sama yaitu LPDP. Ketika masih duduk di semester 6 perkuliahan, sudah aktif mencari info lebih detail terkait LPDP baik ke orang lain atau melalui elektronik. Segala persyaratan mulai dicicil satu per satu, diperkuat dengan masuknya Wanda ke group Whatsapp "Persiapan seleksi LPDP" yang dibuat oleh Ka Dimas. Ka Dimas kini sedang kuliah S2 Psikologi Universitas Indonesia. Pada group tersebut sangat membantu dalam mempersiapkan berkas.

Okay, kita langsung ke bagian inti seleksi administrasi LPDP. Kunci lolos tahap awal ini adalah benar-benar melengkapi berkas-berkas yang diminta pihak LPDP dengan benar. Pada postingan ini berkas yang dishare adalah berkas untuk beasiswa LPDP AFIRMASI. Terdapat beberapa perbedaan antara dokumen LPDP AFIRMASI dan REGULER. Adapun berkas-berkasnya LPDP AFIRMASI:

a.    Ijazah

b.    Hasil Lab Bebas Narkoba
Tes bebas narkoba dilakukan di Rumah Sakit Pemerintah Daerah atau Klinik Pemerintah Daerah.

c.     Surat Keterangan Sehat
Tes bebas narkoba dilakukan di Rumah Sakit Pemerintah Daerah atau Klinik Pemerintah Daerah.  Biasanya tes dilakukan berbarengan dengan tes bebas narkoba. Kisaran harga untuk ke dua tes tersebut adalah 250.000 rupiah. Terkait harga relatif, tergantung rumah sakit yang dituju. Adapula yang mencapai 700 ribu rupiah untuk ke dua tes tersebut.

d.    Esai “Kontribusi bagi Indonesia”
(Bisa download di bawah)

e.    Esai “Sukses terbesar dalam hidup”

f.     Rencana Studi

g.    Surat Rekomendasi

h.  Sertifikat TOEFL. Skore minimum untuk beasisiwa afirmasi adalah 400 sudah lolos.

i.     KTP

j.     Sertifikat

k.    SKTM (Surat Keterangan Tidak Mampu)

l.     Slip gaji orang tua

m.  Surat keteranga alumni bidikmisi

n.    Surat keterangan listrik

o.    Surat pernyataan belum bekerja

p.    Surat pernyataan beasiswa afirmasi


Untuk dapat mengakses file dokumen di atas maka klik link di bawah ini:



Hal yang terpenting dari setiap dokumen adalah niat baik dari calon penerima beasiswa LPDP dahulu harus  diucapkan dan diyakini dengan sungguh-sungguh. Apabila kita yakin melakukan sesuatu yang diniatkan untuk kebaikan maka seluruh alam semesta akan  membantu mewujudkannya. 

-Wanda Amelia Rahma-


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berikan komentar terbaikmu:)

Serunya Oreo 110th Birthday Celebration Bareng Keluarga di Rumah

  Hal yang paling dirindukan dari seorang anak perempuan yang sudah berumah tangga adalah momen saat bisa kumpul bareng sama orangtua ters...