Rabu, 03 Januari 2018

PANGGILAN JIWA


Ketika pemuda berhasil mereaksikan otak, otot, dan hati karena Allah
Maka lihatlah, akan ada produk berupa amalan besar
Dunia dan akhirat yang  menjadi saksi
(Wanda Amelia Rahma)



Berbicara tentang pemuda, maka berarti kita berbicara tentang sosok manusia yang tidak menjadikan uang sebagai tujuan hidupnya, sosok yang tidak tergiur dengan kenikmatan dunia, sosok yang terus resah melihat kesengsaraan saudara di sekitarnya, sosok pemikir untuk memecahkan masalah sekitar, sosok yang ikhlas berkorban untuk membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Begitu kiranya sosok pemuda yang dengan keteguhannya mampu membuat negara ini merdeka, yang dengan semangatnya membantu dakwah Rasulullah hingga turun ke medan perang. Tentu di tengah jaman serba teknologi ini tak bisa lepas dari peran pemuda. Begitu banyak perubahan-perubahan baru yang pemuda lakukan, namun tidak banyak dari jumlah pemuda tersebut yang mewakafkan dirinya bergerak maju sebagai prajurit / tentara Allah SWT. Pemuda yang menjadikan Allah sebagai satu-satunya alasan dari segala yang ia upayakan.

Dokter muda berhati mulia yaitu dr. Gamal Albinsaid telah berhasil menunjukkan bahwa tentara Allah itu masih ada dan nyata. Gelar yang diraih sebagai dokter muda tidaklah mampu menghilangkan keresahan hati melihat kondisi kualitas kesehatan masyarakat Indonesia yang masih memprihatinkan. Keputusunnya untuk mengikuti panggilan jiwa tidaklah sia-sia, program “Asuransi Sampah” yang beliau dirikan kini telah dirasakan kebermanfaatannya oleh hampir sebagian besar warga Malang. Berawal dari rasa prihatin melihat berita seorang anak perempuan kecil meninggal di dalam gerobak sampah milik orang tuanya. Ditambah pula masih banyak waega Indonesia yang berpenghasilan sangat minim. Dr Gamal berupaya mencari solusi agar warga bersedia mengalokasikan dana untuk kesehatan namun tetap terjangkau. Maka tercetuslah asuransi sampah yang menggunakan sampai sebagai bayaran asuransi kesehatan .Warga sangat menyambut baik program ini dan  merasakan manfaatnya yang besar.

Pria berstatus dokter magang Rumah Sakit Saiful Anwar di Malang ini, kemudian bergerak bersama Indonesia Medika yang ia dirikan. Ia mengajak kader posyandu, PKK, dan warga untuk bergabung dalam program Klinik Asuransi Sampah. Warga, diajak mengumpulkan sampah dan menyetorkan sampah senilai Rp 10 ribu per bulan untuk mendapatkan berbagai fasilitas kesehatan. Target utamanya, adalah warga kurang mampu yang sebelumnya susah mengakses layanan kesehatan.
Sampah yang berhasil dikumpullkan kemudian diolah, sampah organik menjadi pupuk sementara inorganik dijual pada pengepul. Uang yang terkumpul, masuk dalam kas Dana Sehat yang digunakan untuk pelayanan kesehatan secara menyeluruh, meliputi tindakan promotif (meningkatkan kesehatan, pencegahan, pengobatan hingga rehabilitasi). Meski sempat tutup setelah berjalan enam bulan, lima klinik dengan sistem asuransi sampah ini akhirnya berjalan stabil sejak dibuka kembali pada Maret 2013, bahkan berhasil mengajak 88 relawan, 15 dokter dan 12 perawat untuk bergabung. Tanpa disadari akibat ide kreatif dr. Gamal dalam membangun usaha sosial dalam sektor kesehatan, sudah banyak pihak-pihak penting dalam negeri dan Internasional yang memberikan penghargaan atas kerja keras dr. Gamal dan tim. Anak dari pasangan Eliza Abdat dan Saleh Arofan Albinsaid ini berhasil menyabet penghargaan bergengsi dari pangeran Charles di London, Inggris. Meski telah menerima penghargaan bergengsi, Gamal menyebut ia tak ingin terlena dengan titel ini. “Bagi saya penghargaan itu tidak penting, bahkan berbahaya, bisa merusak keikhlasan,” ujarnya.
Ikhlas menjadi modal awal bagi orang-orang yang meng-azamkan dirinya menjadi tentara Allah di dunia. Layaknya surat Al-Ikhlas, dimana tidak ada satu kata “Ikhlas” di dalam surat Al-Ikhlas itu sendiri. Dr. Gamal yang merupakan lulusan kedokteran Universitas Brawijaya ini bisa saja membuat program-program yang memiliki profit keuangan yang tinggi melihat kapabilitasnya sebagai dokter muda. Tapi panggilan jiwanya lebih dominan menarik hatinya untuk terjun kepada aksi-aksi sosial yang memiliki keuntungan sosial di masyarakat. Tentu tidak mudah melakukan hal tersebut, kita dengan sukarela mengeluarkan tenaga, fikiran, waktu, bahkan uang untuk orang-orang di sekitar kita. Jika bukan karena kedekatannya dengan Allah, mungkin program “Asuransi Sampah” ini tidak bisa semaju ini.

Quran Surat Muhammad Ayat 7

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آَمَنُوا إِنْ تَنْصُرُوا اللَّهَ يَنْصُرْكُمْ وَيُثَبِّتْ أَقْدَامَكُمْ

"Hai orang-orang mu'min, jika kamu menolong (agama) Allah, niscaya Dia akan menolongmu dan meneguhkan kedudukanmu."
Begitulah kiranya yang dilakukan dr. Gamal, ketika ia berniat menjadi tentara Allah di dunia melalui karunia ilmu kedokteran yang dimiliki, maka Allah-pun meneguhkan kedudukan dr. muda tersebut. Banyak masyarakat yang membutuhkan biaya operasi yang besar, dapat dibantu oleh asuransi sampah ini. Do’a dari orang-orang yang sembuh dari penyakit ini terus mengalir sampai akhirat. Terkadang waktu kita terlalu sibuk dan dihabiskan untuk sesuatu yang disayangkan oleh penghuni kubur. Mati-matian melakukan sesuatu yang tidak akan bisa dibawa kealam kubur dan akhirat. Sehingga waktu kita di dunia hanyalah diperbudak oleh harta dan kemewahan dunia.
Hal tersebut sangat memotivasi diri saya pribadi yang sudah berapa kali jatuh dalam menjalakan program-program sosial di bidang pendidikan. Taman bacaan rakyat yang saya dan beberapa tema belum bisa bangkit kembali. Program sosial untuk mengembangkan energi alternatif di pedalama juga belum tereliasasi.. Kegiatan sosial yang besar diperlukan tim solid ayang satu visi misis dengan kita. Namun karena terinspirasi dari dr. Gamal yaitu menjadi tentara Allah dengan kemampuan kita, maka perlahan saya akan mencoba memulainya dari masalah-masalah kecil di lingkungan masyarakat.

-Dunia tidak peduli dengan seberapa kaya kita, seberapa pintar kita, seberapa hebat kita sekarng. Dunia hanya peduli dengan seberapa besar kebermanfaatan diri kita bagi sesama-


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berikan komentar terbaikmu:)

Serunya Oreo 110th Birthday Celebration Bareng Keluarga di Rumah

  Hal yang paling dirindukan dari seorang anak perempuan yang sudah berumah tangga adalah momen saat bisa kumpul bareng sama orangtua ters...