Kamis, 02 Juni 2016

Tarhib Ramdhan

Biamilllah...

Hasil resume ceramah " Ust. Adit Hidayat, Lc, MA
19 Mei 2016
Via Youtube

Tema: Tarhib Ramadhan

Saat bulan sya'ban, Raulullah sudah memberikan petunjuk terkait amalan-amalan apa saja yang harus kita lakukan di bulan ramadhan.

1⃣Rasulullah membimbing kita untuk memperbanyak do'a

Adapun do'a do'a yang berasal dari hadits munkar.
Hadits munkar adalah hadits yang berasal dari orang yang perilakunya pernah menyimpang dari syariat ajaran agama islam meskipun apa yg diriwayatkannya adalah benar.

Contoh hadits munkar:
Allahumma bariklana fii rajab wa sya'ban ....romadhon
(Kurang lengkap)

Adapun contoh hadits shohih yang bisa kita jadikan untuk berdo'a ialah Hadits Tirmidzi nomor 451

2⃣Mulai mencoba meningkatkan puasa sunnah untuk persiapan.

Aisyah meriwayatkan bahwa Rasulullah tidaklah puasa sunnah sebanyak puasa di bulan sya'ban

Jadi sangat dianjurkan berpuasa sunnah sebanyak banyaknya di bulan sya'ban sebagai tahap persiapan kita menyambut puasa di bulan suci ramadhan.
Boleh melakukan puasa sunnah segudang full di bulan sya'ban kecuali tanggal 28, 29, 30 sya'ban karena sudah mendekati puasa ramadhan dan sebagai pemisah antara keduanya.

Puasa yang dilakukan boleh hari apa saja. Jum'at atau Sabtu atapun ahad boleh melaksanakan puasa. Bisa juga puasa sunnah senin kamis. Dan jika mengalami peningkatan maka bisa melakukan puasa daud ( puasa selang seling)

Dikatakan jika kita sudah mencapai tingkatan puasa yang tinggi maka puasa yang berada di bawahnya tidak dilakukan. Ini hanya berlaku untuk puasa daud.
Contoh: Kita sudah memulai melaksanakan puasa daud, Senin puasa,selasa tidak, rabu puasa,maka kamis pun tidak puasa. Tidak usah melakukan puasa di hari kamis sebagai bentuk puasa senin kamis. Karena jika sudah melakukan puasa daud maka puasa senin kamis tidak perlu dilakukam kembali namun kita tetap mendapatkan pahala yang sama seperti kita melakukan puasa senin kamis juga.

" Ketika Allah sudah naikkan iman kita, maka janganlah kita turunkan" Hadits Bukhari nomor 2996

Amalan yang baik adalah amalan yang dipersiapkan...
Berat timbangan amal kebaikan Abu Bakat jika dibandingkan dengan timbangan amal kebaikan umat manusia maka masih tetap beratan amal kebaikan Abu bakar. Beliau sangat mempersiapkan amalan amalannya. Walaupun Abu bakar seorang pengusaha namun beliau selalu menunaikan amalan amalan yang diajarkan rasulullah. Setiap hari beliau rutin sholat berjamaah, memberi makan orang miskin, menjenguk orang sakit, menguburkan jenazah, dll.

3⃣Meningkatkan kuantitas dan kualitas Ibadah
Salah satu Ibadah utama yang perlu ditingkatkan ialah sholat.
Sholat sunnah di ramadhan teruslah ditingkatkan baik secara kuantitas dan kualitas.
Untuk akhwat yg mengalami masa haid, maka saat belum masuk waktu haid, perbanyaklah ibadah sholat sunnah. Karena saat kita haid, aliran pahala kita berasal dari ibadah ibada yang biasa kita lakukan.


Alhamdulillah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berikan komentar terbaikmu:)

Serunya Oreo 110th Birthday Celebration Bareng Keluarga di Rumah

  Hal yang paling dirindukan dari seorang anak perempuan yang sudah berumah tangga adalah momen saat bisa kumpul bareng sama orangtua ters...