Minggu, 24 Desember 2017

TIPS DAN TRIK ASSESMENT ONLINE VERSI WANDA

Assalamu’alaykum blogger… 

Halloo Wanda Lovers  People. Rasanya blog ini sudah agak berjamur karena kurang perhatian dari si pemilik blog L

Tapi tenang saja, kali ini akan di posting beberapa tulisan berfaedah sebelum pada akhirnya blog ini akan mengalami hibernasi kembali.

Aduuhhhh…mulai kaku lagi nih mau nulis sesuatu. Semoga tangannya saja yang kaku, tapi hati tetap open ya…(apaan sih Wanda -_-)

Okay deh, setelah posting-an kemarin tentang bagaimana sih seleksi adiminstrasi LPDP. Maka tulisan kali ini-pun masih seputar seleksi LPDP wa bil khusus terkait seleksi Assesment Online. Setelah dinyatakan lolos pada tahap seleksi administrasi, maka tugas kita selanjutnya adalah menaklukan seleksi Assesment Online.




Seleksi Assesment Online baru pertama kali diadakan saat Batch 1 seleksi LPDP DN (Dalam Negeri) tahun 2017. Jujur, diri ini sedikit kebingungan juga karena tidak ada tempat atau refrensi untuk bertanya seputar seleksi ini dari pendaftar sebelumnya. Beruntungnya, beberapa kaka tingkat seperti Ka Vania Zulfa dan Ka Dimas yang sudah sangat sabar merespon bawelnya Wanda selalu menenangkan diri dengan mencoba memberi gambaran. Assesment Online adalah sebuah seleksi psikologi dimana pihak LPDP ingin mencari Awardee yang memiliki kepribadian sesuai dengan harapan LPDP. Bagaimana caranya kita mengetahui kriteria kepribadian yang LPDP inginkan? Hal tersebut bisa dilihat dari visi misi LPDP. "Leadership skill"

#Bagaimana teknis pelaksanaan seleksi Assement Online?

Yups, seleksi ini dilaksanakan secara online sesuai dengan namanya “Assesment Online”. So, kelancaran internet menjadi syarat sukses melalui seleksi ke-dua LPDP. Waktu pelaksanaan yang diberikan LPDP hanya 1 hari saja. Pihak LPDP akan memberikan link untuk Assesment Online dan dikirim ke email masing-masing. Rentang waktu untuk membuka link dan menjawab pertanyaan hanya 1 hari dan link tidak bias diakses di kemudian hari. Rajin membuka email setiap hari selama seleksi LPDP menjadi kebiasaan yang wajib dirutinkan agar tidak tertinggal informasi-informasi penting. Ketika link sudah dibuka, akan muncul berbagai pernyataan-pernyataan seputar kepribadian. Tidak ada jawaban yang salah atau benar, pada seleksi ini semua jawaban yang kita pilih adalah yang sesuai dengan kepribadian diri kita. Setelah itu, mesin akan menganalisis semua jawaban-jawaban kita dan menghasilkan beberapa kesimpulan seputar kepribadian kita. Kesimpulan tersebut yang akan dibaca oleh pihak LPDP, apakah sesuai dengan kriteria LPDP atau belum sesuai. Allahu A’lam. Teknis soal yang diberikan adalah berupa pernyataan –pernyataan dan kita diminta memilih kolom:

a      Sangat Setuju
      Setuju
c    Ragu-Ragu
d   Tidak Setuju
e    Sangat Tidak Setuju

Contoh pernyataan:

Percaya bahwa ada sesuatu kekuatan besar yang mengatur dan menguasai kehidupan kita yang tidak bisa sepenuhnya bisa dijangkau oleh akal manusia. (kalimat tersebut hanya gambaran kasar yang penulis coba contohkan)

Dari pernyataan tersebut maka apakah kita Sangat Setuju, Setuju, Ragu-Ragu, Tidak Setuju, Sangat Tidak Setuju.

Terkait jumlah pernyataan sebenarnya penulis sedikit lupa, kira-kira ada 200-an soal sepertinya dalam waktu kurang lebih satu jam. Mungkin yang masih ingat jumlah pernyataaan saat seleksi Assesment Online bisa berikan komentarnya. Terkait bahasa yang digunakan sesuai jenis LPDP yang didaftar, jika mendaftar di LPDP Dalam Negeri maka seluruh pernyataan disajikan menggunakan bahasa Indonesia. Apabila mendaftar di LPDP Luar Negeri maka pernyataan disajikan menggunakan bahasa Inggris.

Link untuk mengakses Assesment Online hanya bisa diakses 1 kali saja, sehingga kondisi komputer/laptop dan internet harus dipastikan benar-benar ready dan stabil ya…

#Tips dan Trik sukses Assesment Online Versi Wanda

1.   Pastikan kondisi laptop dalam keadaan yang baik, jika kondisi laptop bermasalah maka coba meminjam laptop teman yang kondisinya baik, atau di warnet juga bisa. 

2.  Kondisi internet harus stabil. Saya sendiri dulu sengaja mengakses link tersebut pada pukul 02.00 dini hari dengan alas an karena pada jam tersebut pengguna internet lebih sedikit sehingga kondisi internet sangat kencang. Pastikan kuota yang dimiliki tidak dalam keadaan sekarat. Apabila memiliki kendala dalam hal kuota, maka bisa pergi ke tempat yang memfasilitasi wifi gratis. Hehe..(biasanya mahasiswa hafal betul lokasi-lokasi yang menyediakan wifi gratis )

3.    Berdo’a menjadi hal sakral yang  wajib dilakukan sebelum melalui seleksi ini. Karena kita tidak pernah tau apa yang akan terjadi saat proses seleksi, akan lebih baik kita meminta kelancaran dan kemudahan kepada Sang Pemilik Alam Semesta terlebih dahulu. Perbanyak niat-niat kebaikan sebelum mengerjakan soal. InsyaAllah Allah akan bantu bagi hambanya yang memiliki niat baik.

4.   Menghindari memilih kolom ”Ragu-Ragu”. Menurut Wanda, menjawab kolom ragu-ragu membuat kita seperti tidak memiliki keyakinan yang pasti dan terlihat labil. Jadi cobalah pilih sesuatu yang jelas, jika setuju maka pilih setuju atau sangat setuju, apabila tidak setuju maka pilih kolom tidak setuju atau tidak sangat setuju.

5.    Menjawab dengan jujur. Karena kita mengetahui bahwa hasil dari tes psikologi ini akan disesuaikan dengan karakter yang LPDP harapkan. Sehingga kadang kala kita tidak menjawab pernyataan tersebut sesuai dengan karakter kita. Hasil dari tes psikologi ini tentu akan dilihat kebenarannya saat tahap seleksi wawancara.

6.  Menjawab dengan konsisten. Akan ada pernyataan yang sama yang diulang kembali pada pernyataan berikutnya. Awal mulanya saya berfikir apakah si pembuat pernyataan sudah kehabisan kata-kata sehingga mengulan pernyataan yang sama. Akan tetapi setelah saya analisis, rasanya kemungkinannya kecil jika karena hal itu. Pastilah hal ini memang sudah disetting  seperti ini untuk melihat konsistensi kita dalam menjawab. Maka coba ingat-ingat tadi kita menjawab apa pada pernyataan yang sama di sebelumnya, dan pilih dengan jawaban yang sama pula apabila pernyataan tersebut diulang untuk ditanyakan. Paham kan ya maksudnya? Hehehe

7. Membaca kata dalam pernyataan dengan teliti. Membaca dengan teliti agak mengindarkan diri kita dari kesalahan memahami maksud pernyataan.

8.  Setelah selesai ucapkan hamdalah dan bertawakal kepada Allah SWT. Setelah kita berusaha dengan maksimal, maka biarkan takdir dan rahmat Allah yang bereaksi di langit. J

Setelah berdiskusi dengan beberapa Awardee LPDP, ternyata pada tahap ini banyak sekali yang dinyatakan tidak lulus. Saya sendiri dulu berfikir, bahwa pada tahap ini akan banyak yang lulus. Ternyata beberapa senior saya gugur di medan perang Assesment Online. So, jangan pernah menyepelakan sesuatu. Tetap berikan persiapan terbaik di setiap tahapan seleksi LPDP. Libatkan Allah SWT di setiap seleksi. Deketin Allah terus, curhat deh sama Allah bahwa tujuan saya mendaftar LPDP untuk bla..bla..bla…bla… Jika segala tujuan kita berupa kebaikan, maka Allah beserta seluruh Alam semesta akan membantu mewujudkannya. Yakin !





3 komentar:

  1. terima kasih banyak kak wan atas tulisannya, sangat membantu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Beruntungnya blog ini dikomentari oleh juara 1 blog nasional.

      Hapus
    2. Masya Allah Trimakasih Wanda sangat bermanfaat informasinya smga menjadi amal jariyah 😊

      Hapus

Berikan komentar terbaikmu:)

Serunya Oreo 110th Birthday Celebration Bareng Keluarga di Rumah

  Hal yang paling dirindukan dari seorang anak perempuan yang sudah berumah tangga adalah momen saat bisa kumpul bareng sama orangtua ters...