Rabu, 11 September 2013

SEJARAH DAN FILOSOFI OLIMPIADE KUNO

http://wijayalabs.com
Nama               : Wanda Amelia Rahma
No. Reg           : 3315130916
Prodi               : Pendidikan Kimia Bilingual
Tugas               : Resume materi olympis II

Sejarah dan Filosofi Olimpiade Kuno

                                                                   wijayalabs.wordpress.com






Mata kuliah olympisme yang menurut saya merupakan sebuah pembelajaran baru yang sangat menarik dan baru saya temui saat saya duduk dibangku perkuliahan awal.. Materi olympisme banyak mengajarkan sejarah-sejarah olimpiade, dimana olimpiade tersebut banyak mengandung nilai-nilai kebermanfaatan yang sangat bagus untuk generasi penerus bangsa khususnya dalam hal membangkitkan semangat juang para pemuda-pemudi tanah air.

Perhelatan olimpiade kuno sangat popular di dunia. Banyak orang yang bersorak-sorai gembira saat olimpiade berlangsung. Olimpiade telah melahirkan banyak persahabatan baik antar peserta, antar penonton olimpiade, dan lebih besar lagi yaitu persahabatn antar bangsa. Dimana persahabatan merupakan cikal bakal dari persatuan dan penangkal peperangan. Menjadi peserta olimpiade merupakan suatu kebanggaan bagi semua orang terutama menjadi pemenang olimpiade adalah tujuan dan impian dari semua atlet.

Sebelum lebih dalam membahas nilai-nilai yang terkandung dalam perhelatan olimpiade, akan lebih baik untuk lebih mengetahui sejarah dari olimpiade kuno itu sendiri, yaitu:

1.      Berawal dari ditemukan kembali prasasti peninggalan kebudayaan kota Olimpia oleh tentara Jerman pada akhir abad 19.
2.      Prasasti yang ditemukan menggambarkan kejuaraan sebuah festival.
3.      Olimpiade pada mulanya adalah bagian dari ritual keagamaan bangsa Yunani (Greece) dan koloninya untuk memuja dewa.
4.      Setelah dilakukan nilai keagamaan, di sebuah kuil di bukit kronis di gedung Zeus diadakan sebuah olimpiade.
5.      Olahraga yang dilombakan adalah lari, gulat, penthation, tinju, balap kereta, kuda.
6.      Lomba diadakan 4 tahun sekali di stadion berkapasitas 40.000 selama 5 hari.
7.      Semua peserta olimpiade tidak memakai baju ( costum)
8.      Pesesrta yang diperbolehkan adalah dari kaum pria saja.
9.      Selama perlombaan olimpiade berlangung, semua aktivitas peperangan dihentikan.
10.  Setiap pemenang lomba akan diberikan sebuah penghargaan.
11.  Para pemenang sangat dihormati oleh bangsa Yunani.
12.  393 AD Lomba olimpiade dihentikan oleh Theodores.
13.  Kota Olimpia dihancurkan.
14.  Kota Olimpia hancur dan hilang akibat bencana alam.

Alasan utama mengapa bangsa Yunani sangat memelihara olimpiade, dikarenakan olimpiade itu sendiri memiliki banyak nilai-nilai luhur yang terkandung di dalamnya. Filosofi dan nilai-nilai dalam penyelenggara olimpiade kuno adalah:
1.      Menjaga kesucian diri.
2.      Memiliki jiwa satria.
3.      Semangat untyk berprestasi.
4.      Kejujuran dalam pertandingan.
5.      Saling menghargai.
6.      Terciptanya perdamaian.
7.      Terjalinnya kompromi dan kesepakatan antar suku.
8.      Penghargaan tertinggi bagi yang berprestasi.
9.      Peningkatan ekonomi.
10.  Sukaria/ sukacita.

Begitu banyak nilai-nilai yang terkandung di dalamnya dan sangat dipelihara oleh bangsa Yunani. Dimana nilai-nilai luhur  tersebut merupakan cikal bakal persatuan suatu bangsa. Olimpiade itu sendiri dapat meningkatkan kualitas suatu bangsa dan kemajuan bangsanya karena kita akan terus belajar melakukan hal yang terbaik dan tak kenal pantang menyerah.

Kunci utama atau  kilas balik olimpiade kuno adalah sportivitas (kejujuran ). Setiap peserta pasti menginginkan sebuah kemenangan. Namun kemenangan yang hakiki bukan dari sorak-sorai penonton saja, akan tetapi kemenangan akan kepuasan atas hasil yang telah kita raih. Kemenangan tersebut hanya dapat kita rasakan apabila perjuangan yang kita lakukan tidak ternodai dengan kecurangan. Kemenangan bukanlah segalanya karena kejujuran memiliki martabat yang lebih tinggi.

Negara Indonesia sebagai negara yang berkembang haruslah terus mengembangkan nilai-nilai positif dari terselenggaranya suatu olimpiade. Terus berkarya, lakukan yang terbaik, junjung tinggi nilai kejujuran, Indonesia bisa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berikan komentar terbaikmu:)

Serunya Oreo 110th Birthday Celebration Bareng Keluarga di Rumah

  Hal yang paling dirindukan dari seorang anak perempuan yang sudah berumah tangga adalah momen saat bisa kumpul bareng sama orangtua ters...