Senin, 10 Juni 2013

MONOPOLI MATEMATIKA



Monopoli matematika merupakan salah satu cara model pembelajaran yang efektif dan fun khususnya untuk anak sekolah dasar. Tidak setiap anak punya kecepatan mengingat yang sama. Cara mereka menangkap materipun berbeda-beda. Namun pada hakikatnya setiap anak-anak suka dengan sesuatu yang berhubungan dengan games. Selain bersifat fun, games membuat si anak betah berlama-lama melakukan hal tersebut. Terkadang sangking asiknya bermain games membuat si anak lupa makan, lupa mandi, dan lupa belajar.

Alangkah kreatifnya jika games justru dijadikan cara jitu untuk belajar. Selain bisa membuat fun, si anak pun bisa sambil terus mengasah kemampuan berfikir mereka.
Materi matematika kelas 3 sekolah dasar terdapat materi mengenai UANG dan perhitungan perkalian sederhana. Pada hakikatnya monopoli matematika sama dengan monopoli biasa. Di mana anak dilatih untuk bertransaksi keuangan dengan tujuan pengaplikasian dari materi yang sudah diterima di sekolah. Dengan monopoli matematika membuat si anak semakin terlatih berfikir, menghitung jumlah harga, menghitung kembalian, bahkan melakukan penukaran uang. Yang membedakan dengan monopoli biasa adalah DANA UMUM DAN KESEMPATAN. Bisa kita selipkan materi-materi perkalian sederhana dibalik kartu tersebut. Contoh:






Text Box: KESEMPATAN
Berhak maju 7 langkah apabila berhasil memecahkan misteri berikut ini….

7 km=……………meter??? Hayoo tebak
 











Tidak perlu biaya mahal untuk membuat semua ini. Hanya perlu kertas dan spidol warna-warni untuk membuatnya menarik. Jika dalam monopoli biasanya yang dijual adalah Negara-negara atau pelabuhan, kita bisa menggantinya sesuai kesukaan si anak. Misal si anak menyukai kartun maka bisa kita ganti papan monopoli tersebut dengan menjual kartun-kartun seperti spongebob, angrybird, doraemon, barby, dsb.
Cara seperti ini ampuh meningkatkan daya ingat si anak. Sesuatu yang dilakukan oleh hati atas dasar suka akan jauh lebih lama melekat dibandingkan atas dasar tuntutan atau keterpaksaan.

SELAMAT MENCOBA.
Jangan ada kata malas untuk membuat anak anda cerdas dan kreatif.

Salam pendidikan :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berikan komentar terbaikmu:)

Serunya Oreo 110th Birthday Celebration Bareng Keluarga di Rumah

  Hal yang paling dirindukan dari seorang anak perempuan yang sudah berumah tangga adalah momen saat bisa kumpul bareng sama orangtua ters...