Senin, 10 Juni 2013

UNO MATEMATIKA

Terinspirasi dari kebiasaan saya dan teman-teman 12 ipa 2 yang selalu bermain UNO di dalam kelas saat sedang tidak ada jam pelajaran. Cuma satu alasan kenapa anak-anak betah main ini, apalagi kalau bukan karena SERU.

Tak ada salahnya permainan ini saya sulap menjadi suatu model pembelajaran matematika yang asyik. Lagi-lagi masih untuk sekolah dasar kelas 3. Di mana perkalian sangat mendominasi dalam materi pembelajaran. Anak yang duduk di kelas 3 sekolah dasar sudah dituntut harus menguasai perkalian dengan lancar bahkan diluar kepala. Karena jika sudah duduk di kelas 4 sekolah dasar, materi akan berubah menjadi pengoprasian perkalian. Jika si anak sudah lihai dalam perkalian sederhana, dapat dipastikan ia akan mudah menerima materi selanjutnya di kelas 4 nanti. 

UNO matematika merupakan tumpukan kartu yang berjumlah 32. Setiap kartu tertulis angka 0, 1,2,3,4,5,6,7,8,9. Setiap angka dibuat menjadi 3 kartu. Dengan begitu ada 3 kartu bertuliskan angka nol, ada 3 kartu bertulis angka 1, dan begitu seterusnya. Sehingga berjumlah 30 kartu. Ditambah dengan 2 kartu bonus bertuliskan “ Angka apa aja buoleh”. Kartu bonus dapat berubah menjadi angka apapun sesuai keinginan si pemilik.
Selain itu kita buat kertas-kertas kecil yang berisi soal-soal perkalian sederhana, kertas digulung dan dimasukan ke dalam gelas plastic persis mirip gelas untuk kocok arisan.

Setiap pemain mendapat 5 kartu. Kocok gelas plastic dan keluarkan 1 gulungan kertas kecil yang berisi soal. Siapa yang mulai duluan berkewajiban menjawab soal tersebut dengan kertas yang ia punya. Jika angka tidak tersedia maka kesempatan menjawab berpindah ke pemain berikutnya dan ia berkewajiban mengambil kartu dari tumpukan kartu. Pemenang dalam permainan ini adalah pemain yang kartunya lebih dulu habis. 


Selain UNO matematika, saya juga punya teka-teki silang matematika. Kira-kira seperti ini:




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berikan komentar terbaikmu:)

Serunya Oreo 110th Birthday Celebration Bareng Keluarga di Rumah

  Hal yang paling dirindukan dari seorang anak perempuan yang sudah berumah tangga adalah momen saat bisa kumpul bareng sama orangtua ters...